Jumat, 01 November 2013

cara mengatasi rambut rontok


Rambut yang lebat dan berkilau adalah impian semua orang, sebab rambut merupakan makhota sumber keindahan yang dimiliki wanita maupun pria. Menjaga kesehatan rambut juga tidak hanya agar terlihat indah, namun agar rambut terhindar dari masalah kesehatan
, seperti halnya rambut rontok. 
Kerontokan itu sendiri dapat dipicu dari beberapa hal, seperti faktor stres, polusi, pola makan yang buruk, mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan, kurang terpenuhinya nutrisi pada akar rambut, pemakaian alat pengering rambut, pengecatan rambut, pra dan pasca menopause, kehamilan, penggunaan pil KB, dan bahkan penyakit demampun dapat menjadi sebab masalah kerontokan.


Dengan mengetahui beberapa penyebab terjadinya kerontokan, maka dari itu anda perlu menjaga kesehatan rambut dengan menjaga pola hidup sehat. Ada pula cara alami mengatasi rambut rontok, seperti berikut ini:
1.    Lidah Buaya
Lidah buaya sangat bagus untuk menyuburkan dan menebalkan rambut, serta mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut. Caranya hanya dengan mengoleskan daging lidah buaya pada kulit kepala agar menjaga kesuburan rambut, sehingga terhindar dari kerontokan.

2.    Daun Seledri
Daun seledri mengandung zat besi, natrium, kalsium, vitamin A dan B yang baik untuk kesuburan rambut, serta mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

3.    Teh Hangat
Teh hijau hangat mengandung banyak antioksidan yang mampu mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Caranya hanya dengan membalurkan dua kantong teh hijau hangat pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama satu jam lalu bilas hingga bersih.

4.    Jus Alami
Anda bisa membuat ramuan jus dari bahan alami untuk membantu menyuburkan rambut, seperti jus bawang putih, jus bawang merah dan jus jahe. Caranya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan ke kulit kepala dan dibiarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih di keesokan harinya.

5.    Pijatan di kepala
Lakukan pijatan di kepala akan membantu sirkulasi darah menjadi lancar dan menjaga folikel rambut agar tetap aktif. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen untuk memberikan rasa nyaman di kulit kepala.
Namun, selain beberapa cara mengatasi rambut rontok seperti diatas, yang perlu anda perhatikan adalah untuk tidak mengikat rambut dengan kencang, sebab ikatan yang kencang akan menarik dan melemahkan akar rambut, serta tidak terlalu sering berkeramas, karena akan mengikis minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi rambut.

Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk menghilangkan rambut rontok. Sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya karena semua bahan-bahan yang di perlukan ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar